Durian Merah Banyuwangi

durian merah

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa warna daging buah durian ada juga yang berwarna merah. Sebab yang umum dijumpai di pasaran adalah buah durian dengan daging berwarna kuning atau kuning pucat. Aku sendiri baru mengetahui durian berdaging merah ini saat ke pedalaman Kalimantan, namun tidak semerah warna daging buah durian di Banyuwangi ini.

Ya, Banyuwangi. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini ternyata juga memiliki varietas buah durian dengan warna daging buahnya yang merah. Menurut Pengamat Holtikultura, Eko Mulyanto, durian jenis ini juga ditemukan di pedalaman Kalimantan (mungkin seperti yang pernah saya rasakan dulu). Namun rasa durian merah di Banyuwangi lebih manis dan legit.

Durian merah lebih mahal karena tanamannya tergolong langka. Hanya ada dua pohon yang tumbuh di Banyuwangi. Satu pohon dimiliki Sulaimi, warga Desa Balak, Kecamatan Songgon. Sementara lainnya tumbuh di halaman rumah Sirad, warga Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Tak heran, apabila kedua pohon durian ini berbuah, rumah Pak Sulaimi dan Pak Sirad pun kebanjiran tamu. Kedua pohon durian itu dipercaya berusia ratusan tahun. Sulaimi (75), menuturkan, pohon durian merahnya justru lebih unik. Dari dalam tanah, katanya, muncul dua pohon yang mirip percabangan. Satunya berwarna merah, lainnya berwarna putih. “Karena itu saya namain durian merdeka,” tuturnya sambil tertawa. Dalam satu pohon, tambahnya lagi, bisa menghasilkan sedikitnya 150 buah durian merah.

Begitu terkenalnya, peminat durian merah banyak yang datang dari luar Banyuwangi. Pantas saja Sirad hanya menyuguhkan sebuah durian merah untuk dimakan bersama. Alasannya agar semua pengunjung bisa menikmati durian merah. Jadi jangan harap bisa membawanya pulang. Biasanya pengunjung hanya membawa pulang biji durian untuk dijadikan benih.

Secara fisik, biji durian merah kecil tapi dagingnya tebal dan lembut. Harganya lebih mahal dibanding durian yang dagingnya berwarna kuning atau putih. Untuk durian merah kecil seberat 1 kilogram, harganya Rp 25 ribu. Paling besar dengan berat 2 kilo lebih, bias mencapai Rp 50 ribu.

Sepertinya memang pantas untuk dicoba. Yuk nyambangi Pak Sulaimi dan Pak Sirad

sumber:

http://kotaikan.blogspot.com/2011/06/durian-merah-menjadi-primadona.html
http://berita.liputan6.com
http://www.jurnalbesuki.com/

3 thoughts on “Durian Merah Banyuwangi

  1. yayan says:

    durian merah banyuwangi ada 25 macam variannya.. yang bisa dimakan ada 18 macem yang layak diunggul nasional 11 yang baru dikembangkan ada 6 macam yang sudah menasioanl bibitnya si dubang dan si maron. kami sudah teliti sejak 2009 sampai saat ini

  2. durian merah dari banyuwangi sangat menggiurkan tapi sayangnya jauh dari daerah aku seandainya disini ada mungkin sudah aku beli heeeeeeeee

  3. Karina says:

    Saya sangat berminat untuk membeli durian merah dalam partai besar. Bisa contact nomor telephone saya (Karina) di 021-68888740

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s