s u m e n e p

songennep

Sumenep adalah nama satu kabupaten (dari 4 kabupaten) yang berada di ujung paling timur Pulau Madura, yang asalnya merupakan salah satu kadipaten yang paling berpengaruh atas lahirnya Kerajaan Majapahit, berkaitan dengan sang Adipati, Aryo Banyak Wedi bergelar Arya Wiraraja.

Asal usul nama SUMENEP

Nama SUMENEP yang dikenal saat ini adalah perubahan pengucapan dari kata aslinya, yakni SONGENNEP. Perubahan nama ini ditengarai terjadi pada masa penjajahan Belanda, di permulaan abad 18 (sekitar tahun 1700-an). Beberapa enkripsi tentang nama Sumenep ini ditemukan pada beberapa kepingan mata uang kuno terbitan pemerintah Hindia Belanda. Perubahan nama ini, di

enkripsi sumenep pada mata uang kuno

enkripsi kata Sumenep dalam tulisan Arab yang ditemukan pada uang logam kuno terbitan Pemerintah Hindia Belanda

samping untuk kemudahan pengucapan, juga salah satu upaya Belanda menanamkan eksistensinya, seperti halnya Belanda mengubah nama kota Jayakarta menjadi Batavia.

Asal kata SONGENNEP

Kata SONGENNEP sebagai asal kata dari SUMENEP, bisa dilacak melalui sebuah naskah kuno, yakni Pararaton, yang menyebut kata Songennep untuk sebuah wilayah di Madura. Berdasarkan etimologis-nya, kata Songennep bisa berarti :

  1. Song (dalam bahasa Kawi berarti relung, rongga) dan Ennep (yang berarti mengendap / tenang)
  2. Song (yang berarti sejuk / rindang) dan Ennep (yang berarti mengendap / tenang)

Dari etimologis tersebut, beberapa ahli bahasa menyimpulkan bahwa Songennep berarti “lembah bekas endapan yang tenang”. Dari definisi ini, bisa diduga bahwa Songennep secara natural adalah endapan dari sebuah bentang alam yang sebelumnya pernah ada yang akhirnya membentuk bentang alam Sumenep yang ada sekarang. Jika benar demikian adanya, maka ada bentang alam otentik dan asli yang akhirnya “tertimbun” oleh material baru yang mengendap dengan tenang saat ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s