Pesona Madura dari Udara

dari Kompas

Foto dan Naskah :
Kompas / Iwan setiyawan

Madura selama ini telah dikenal dengan pesona budaya dan masyarakatnya. Mulai karapan sapi, berbagai jenis tarian dan musik tradisional, bekas-bekas kerajaan di Sumenep, dan sebutan sebagai pulau penghasil garam.

Wilayahnya yang menghadap langsung ke Laut Jawa menjadikan sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Hamparan puluhan pulau di ujung timur dan utara Pulau Madura menjadikan wilayah ini juga kaya pesona alam dan keragaman budaya oleh akulturasi budaya dari pelaut-pelaut tradisional yang menyinggahinya.

Pesona geografis Pulau Madura dan pulau-pulau di sekitarnya juga menarik jika dinikmati dari udara. Dari dalam pesawat nomad dari Skuadron Udara 800 Intai Taktis Wing Udara Komando Armatim, pesona tersebut dapat terekam jelas.

Pesawat yang biasa digunakan untuk tugas rutin patroli maritim TNI AL atau membantu SAR laut diterbangkan oleh pilot Kapten Laut (P) M Ramdhan dan kopilot Letda Indra Kurniawan. Karena terbang dengan kecepatan rata-rata 100 knot, ketinggian antara 50-200 feet, serta manuver patroli, membutuhkan ketahanan fisik dan mental untuk bisa menikmati penerbangan. Semua ketegangan terbayar sudah oleh keindahan pesona alam laksana karya seni tak ternilai.

Hamparan pantai di pesisir utara Pulau Madura, bentangan tanah berwarna merah di Pulau Puteran, dan petak-petak sawah pascapanen bagaikan lembaran permadani yang tergelar. Hamparan tambak garam seolah menguatkan sebutan Madura sebagai pulau garam. Deretan perahu-perahu nelayan dan dermaga yang menjorok ke laut menghiasi pesisir selatan Pulau Madura.

Puluhan pulau yang tersebar di sekitar Pulau Madura juga memiliki pesona tersendiri. Dari pulau-pulau yang besar seperti Kangean dan Sapudi hingga pulau-pulau kecil tanpa penghuni. Masih banyak pesona keindahan alamnya yang belum diungkap dan dimanfaatkan. Sungguh suatu potensi besar yang terabaikan di tengah kemiskinan yang masih melanda sebagian besar penduduknya.

Foto & teks : Iwan setiyawan

One thought on “Pesona Madura dari Udara

  1. kennedyfreedom says:

    madura emang mempesona.

    orang-orang aja belum sadar kalo madura bagus.

    kapan2 mampir ke blog saya mas, di

    kennedyfreedom.wordpress.com

    saya tunggu kunjungannya.

    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s