Indian Ocean Dipole

Berita kekeringan yang melanda Indonesia cukup mengerikan (dan akan terus berlanjut ?). Bagaimana tidak? Ada berita tentang orang yang minum dari air yang sama yang dipakai sebagai tempat mandi kerbau. Ada yang harus berjalan sekian kilometer demi hanya beberapa liter air. Ada yg harus mengais-ngais sisa sungai yang memang telah mengering. Dengan menafikan analisis mistis ( … hehehe ), akan selalu ada penjelasan ilmiah untuk segala sesuatu, termasuk pula kekeringan ini.

Indian Ocean Dipole (IOD) atau Dipole Mode (DM) event. Mungkin jarang sekali istilah ini terdengar, apalagi jika dibandingkan dengan el-Nino dan el-Nina.

Seperti halnya el-Nino dan el-Nina, DM event ini adalah sebuah anomali iklim yang cukup ekstrem. Dan salah satu akibatnya mulai menimpa Indonesia dan masih akan terus berlanjut. IOD atau DM event ini sebenarnya adalah anomali pada suhu permukaan laut (SST-Sea Surface Temperature) di Samudera Hindia (Indoa Ocean). Secara singkatnya, ada perbedaan suhu permukaan laut di Samudera Hindia dimana suhu permukaan laut samudera hindia di bagian timur (Indonesia) lebih dingin daripada di bagian barat (di India).

 

Suhu Muka Air Laut

(image courtesy of : IRI/LDEO Climate Data Library )

Bersamaan dengan fenomena ini, maka arah angin dengan kuat akan bertiup dari timur (Indonesia) ke barat (India – benua Afrika). Maka akibatnya, curah hujan di Indonesia akan semakin rendah sedangkan di Afrika akan semakin tinggi. DM event ini berlangsung antara Juni – Oktober. Gambar berikut adalah gambar dari TRMM (Tropical Rainfall Measuring Mission) hasil kompilasi curah hujan rata-rata selama 30 hari terakhir.

 

( courtesy of : TRMM – Tropical Rainfall Measuring Mission )

Dengan curah hujan yang sangat minim (bahkan di beberapa tempat NOL mm/hari), maka masuk akal tentang bencana kekeringan yang sedang melanda ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s